Paramadina Choir at Indonesian Youth and Sport Festival, Gelora Bung Karno

Minggu, 23 Oktober 2011 yang lalu, kami Paramadian Choir mendapat kesempatan untuk tampil di acara Indonesian Youth and Sport Festival di Gelora Bung Karno Jakarta. Acara tersebut merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda 28 oktober dan SEA GAMES yang akan di adakan di Indonesia tahun ini. Pada acara tersebut, Paramadina choir merupakan satu-satunya tim paduan suara. Ada banyak pengisi acara yangmeramaikan acara tersebut, mulai dari band, rapper, kelompok tari, marawis, choir, costplay dan lain-lain.

Dalam acara tersebut Paramadina Choir membawakan 3 buah lagu, yaitu Sakura Yo, Sik Sik Si Batu Manikam, dan Manuk Dadali. Kami memilih satu lagu jepang untuk dinyanyikan karena spot tempat PC tampil merupakan daerah ASEAN dan Jepang yang disebut JaSean atau Kampung JaSean. Lagu Sakura Yo merupakan ciptaan Teater Mahasiswa En Juku yang ditujukan untuk masyarakat Jepang ketika Jepang terkena bencana tsunami.Dengan iringan piano dari Imam Hidayat, kami menampilkan lagu tersebut dengan cukup baik, walaupun beberapa pengucapan nya salah. Paramadina Choir mengucakan ribuan terima kasih kepada Teater En Juku karena telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyanyikan lagu terebut. Arigatou Gosaimasu…

 

Lagu kedua merupakan lagu daerah yang berasal dari Jawa Barat yaitu Manuk Dadali yang diaransemen oleh pelatih kita Kak Pitung. Dengan sedikit goyangan, kami mebawakan lagu manuk dadali dengan rasa senang. Sebagai lagu penutup, kami membawakan lagu andalan kami yaitu Sik Sik Si Batu Manikam yang berasal dari Tapanuli Selatan.

Banyak pengalaman dan pelajaran yang kami dapat dari performance ini. Panggung outdoor yang begitu luas merupakan salah satu pengalaman baru bagi kami yang sebelumnya selalu menyanyi didalam ruangan tertutup. Seberapa besar volume suara yang harus kami keluarkan jika diminta untuk menyanyi diruangan terbuka yang cukup luas dan berisik. Kurangnya latihan dan tidak sempat gladi resik juga menjadi kendala pada hari itu. Jiar menjadi hal yang wajib dilakukan agara para singer tidak terkejut saat pertama kali menaiki panggung.

Gangguin Naff lagi tidur ….

Thanks buat teman2 yang udah menyempatkan waktunya buat latihan dan perform. Thanks buat Imam yang udah susah payah belajar lagu Sakura Yo dan nerves keika pertama kali mainin Pianonya. Thank buat Shintya yang udah memberikan kepercayaan padaku untuk menjadi konduktor walaupun belum bisa seperfect dirimu ( perlu belajar lagi ). Thx buat Kakaknya Mayang yang udah rekomendasikan PC untuk tampil. Thx all.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s