Gallery

Proses Produksi DP 3 | Mechanical Wooded Toys

Dalam menyelesaikan tugsa akhir mata kuliah Desain Produk 3, saya dan teman-teman harus meluangkan cukup banyak waktu untuk berada di bengkel Universitas Paramadina untuk melakukan proses produksi mainan kami. Proses produksi ini cukup memakan waktu dikarenakan alat dan mesin yang ada banyak yang tidak berfungsi, sehinggabanyak pekerjaan yang seharusnya dapat dikerjakan dengan mesin dan lebih cepat terpaksa dilakukan secara manual dengan alat yang ada dan memakan banyak waktu.

Proses produksi ini meliputi ; pemotongan bahan, pengeboran, pengamplasan, pengecatan, dan perakitan. Semua proses itu haris melalui proses QC dari sang dosen terlebih dahulu. Ketika maianan sudah jadi dan dapat digerakkan secara sempurna, mainan yang telah dirakit tersebut harus dibongkar kembali untuk masuk kedalam proses pengecatan.  Part demi part harus di cat sesuai dengan konsep yang telah diberikan.

Masalah sering kali timbul ketika mainan telah dicat dan difinishing secara mulus, namun ketika dirakit dan dijalankan kembali malah seret dan keset. Mekanik yang ada harus diperbaiki lagi dengan cara pengikiran. Oleh karena itu ketika melakukan pengeboran atau pemotongan hendaknya kita memikirkan untuk memberikan atau mengurangi potongan dan pengeboran itu +- 0,1 – 0,2 mm.

Pada DP 2 kali ini, saya membuat sebuah mainan kayu bermekanik dengan bentuk katak. Maianan ini ditujukan pada anak2 dengan usia 4-7 tahun. Dengan perpaduan antara Hilo Green dan kuning cerah, diharapkan mainan ini dapat menarik perhatian anak2 untuk kembali bermain permainan yang tidak melulu berasala dari plastik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s