Oleh-Oleh dari Vietnam

Wah hari ini tepat sebulan yang lalu kami berkompetisi di Hoi An Conferance untuk memperebutkan gelar juara Champion dalam kompetisi paduan suara internasional di Vietnam. Tidak terasa sudah hampir sebulan kita melewati momen kompetisi disana. Perjuanagn 6 bulan latihan dan persiapan akhirnya membuahkan hasil manis berupa dua buah emas dalam kompetisi tersebut. Gold Diploma Level 1 untuk kategori Mixed Choir dan Gold Diploma leve 3 untuk kategori Folklore.

saya teringat kata-kata rektor saya Anies Baswedan,”tidak ada usaha yang sia-sia bagi orang yang mw berusaha”

Kompetisi ini merupakan kompetisi pertama kami di luar negeri. Bermodalkan nekad dan kemauan yang keras kami memutuskan untuk mengikuti Vietnam International Cjoir Competition. Ya kata pelatih gak usah jauh-jauh dulu lah ya ke eropa cukup di asia tenggara saja dulu. Memang benar untuk permulaan asia tenggara menjadi pilihan yang tepat bagi kami.

Ternyata, tidak ada perjuangan yang selalu mulus. Mulai dari pencarian dana dan sponsor yang mengalami beberapa kendala. Penolakan oleh perusahaan menjadi hal biasa yang kami dengar setiap harinya. Berjualan dikampus, ngamen setiap malam minggu sampai garage sale di car free day sudah kami lalui. 300 Juta ternyata tidak mudah untuk dikumpulkan.

Namun ada saja rezeki yang datang untuk memenuhi pundi-pundi kita. Hehehe mulai dari pinjaman, sponsor yang tiba-tiba tergerak hatinya untuk menyumbang dan lain-lain.

Latihan rutin sudah tidak perlu ditanyakan lagi. 5 hari dalam seminggu kami berlatih paduan suara demi menyamakan suara dan belajar not serta koreografi. Mulai dari yang sangat exited belajar not untuk pertama kalinya hingga muak melihat not dan bernyanyi sudah kami rasakan. Beruntung kami punya pelatih – pelatih yang super seperti Kak Pitung, Bang Jup, Kak Farah dan Amar.

Masalah tentu ada. Mulai dari iuran yang tak kunjung dibayar, beberapa anak yang tidak ikut andil dalam perjuangan jualan, masalah di bagian sesama suara sudah kami lalui. Sebagai sebuah tim paduan suara saya masih merasa kami belum sehati untuk bernyanyi. Masih saja ada yang suaranya nyelenong masuk duluan dan berhenti belakangan. Masih ada yang terlalu egois pada suaranya. Butuh waktu lama untuk proses blending dan saling dengar agar paduan suara ini menjadi paduan suara berkualitas.

Vietnam ini memperlihatkan banyak hal bagi saya untuk merubah dan membawa paduan suara ini jadi paduan suara yang jauh lebih baik. Kita tidak bisa hanya mengandalkan pelatih saja, namun harus ada kesadaran dari kita untuk merubahnya. Saya mempunyai tanggung jawab untuk itu. Masih banyak dari kita yang belum memiliki mental performance dan pemenang serta pejuang diatas panggung. Masih banyak dari kita yang terlalu exited dengan hal-hal kecil sebelum kita melalui hal-hal besar.

saya suka mengatakan hal ini , bahwa KONSER MEMBENTUK MENTAL PERFORMANCE DAN KOMPETISI MEMBENTUK MENTAL PEMENANG DALAM DIRI KITA

Mungkin tak banyak dari kita yang memikirkan paduan suara ini sebesar saya dan kami. Ya SAYA SUDAH MANIAK. Masih banyak konser-konser yang harus kami lakukan untuk membentuk mental itu agar kami bisa menjadi penghibur di atas panggung.

14 Oktober nanti sudah resmi 3 tahun saya bergabung di Paduan suara ini. Wah banyak suka dan duka #mulaimengharubiru. Satu hal yang tidak akan saya lakukan adalah keluar dari paduan suara ini. Ini bukan hanya tempat bernyanyi tapi juga keluarga baru di Jakarta. Ya kalau nanti ikut paduan suara lain di luar tetap harus membimbing adik-adik di paduan suara ini. Ada perasaan yang tidak ingin melepaskan begitu saya setelah saya dan teman-teman tamat. Walaupun sibuk skripsi justru menyanyi menimbulkan efek relaks dalam meneliti.

Masih banyak yang belum saya lakukan di paduan suara ini. Conducting Lesson yang belum diajarkan sepenuhnya, bawa choir ini ke FPS ITB , dan memenangkan satu saja kompetisi di nasional. Tetapi di paduan suara ini sudah banyak sekali mimpi saya yang terwujud. Mimpi masuk paduan suara, mimpi menjadi  conductor, mimpi menjadi pelatih, mimpi keluar negeri untuk kompetisi, mimpi bisa nyanyi kaya orang2 di youtube dsb

Ya seharusnya saya lah yang harus berterima kasih kepada paduan suara ini.

Terima Kasih PARAMADINA CHOIR.❤    <3    <3  ❤

IMG_3346

 

Sebelum Uji Coba Panggung foto dulu

 

IMG_3658

 

Setelah Kompetisi Mixed Choir, WE look Stunning !!!

 

IMG_3979

 

Setelah kompetisi Foklore

 

page

 

Wajah-wajah gembira

 

IMG_4269

 

Detik-detik pengumuman

 

IMG_4316

 

All Team!!!

Leave a Reply

